Focus and Scope

Qudwatuna: Jurnal Pendidikan Islam memfokuskan diri pada publikasi karya ilmiah terkait pengembangan teori, praktik, dan pemikiran pendidikan Islam pada berbagai jenjang, mulai dari pendidikan dasar, menengah, hingga pendidikan tinggi. Jurnal ini berkomitmen untuk menyebarluaskan gagasan pendidikan Islam yang humanis, toleran, inklusif, dan berlandaskan nilai-nilai rahmatan lil-‘alamin.

Ruang lingkup kajian meliputi, namun tidak terbatas pada:

  1. Filsafat dan Konsep Pendidikan Islam
    Kajian epistemologi, ontologi, dan aksiologi pendidikan Islam; gagasan pemikiran pendidikan Islam klasik dan kontemporer.

  2. Kurikulum dan Pembelajaran dalam Pendidikan Islam
    Pengembangan kurikulum, metodologi, strategi, evaluasi pembelajaran, dan inovasi pedagogis pada lembaga pendidikan Islam.

  3. Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Islam
    Tata kelola, kebijakan, administrasi, kepemimpinan, serta pengembangan mutu lembaga pendidikan Islam.

  4. Pengembangan Peserta Didik dalam Perspektif Islam
    Pendidikan karakter, bimbingan dan konseling Islami, psikologi pendidikan Islam, serta pembinaan spiritual dan moral.

  5. Studi Kelembagaan Pendidikan Islam
    Madrasah, pesantren, sekolah Islam, perguruan tinggi Islam, serta lembaga pendidikan nonformal berbasis Islam.

  6. Teknologi dan Media Pendidikan Islam
    Digitalisasi dalam pembelajaran, media pembelajaran Islami, dan integrasi teknologi dalam konteks pendidikan Islam.

  7. Pemikiran Tokoh Pendidikan Islam
    Analisis pemikiran tokoh klasik, modern, maupun kontemporer yang memberi pengaruh pada pendidikan Islam.

  8. Isu dan Tantangan Kontemporer Pendidikan Islam
    Moderasi beragama, multikulturalisme, inklusivitas, serta fenomena sosial-keagamaan yang berdampak pada pendidikan Islam.

  9. Studi Interdisipliner dalam Pendidikan Islam
    Hubungan antara pendidikan Islam dan bidang lain seperti sosiologi, antropologi, ekonomi, politik, dan teknologi.