Focus and Scope
Qudwatuna: Jurnal Pendidikan Islam memfokuskan diri pada publikasi karya ilmiah terkait pengembangan teori, praktik, dan pemikiran pendidikan Islam pada berbagai jenjang, mulai dari pendidikan dasar, menengah, hingga pendidikan tinggi. Jurnal ini berkomitmen untuk menyebarluaskan gagasan pendidikan Islam yang humanis, toleran, inklusif, dan berlandaskan nilai-nilai rahmatan lil-‘alamin.
Ruang lingkup kajian meliputi, namun tidak terbatas pada:
-
Filsafat dan Konsep Pendidikan Islam
Kajian epistemologi, ontologi, dan aksiologi pendidikan Islam; gagasan pemikiran pendidikan Islam klasik dan kontemporer. -
Kurikulum dan Pembelajaran dalam Pendidikan Islam
Pengembangan kurikulum, metodologi, strategi, evaluasi pembelajaran, dan inovasi pedagogis pada lembaga pendidikan Islam. -
Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Islam
Tata kelola, kebijakan, administrasi, kepemimpinan, serta pengembangan mutu lembaga pendidikan Islam. -
Pengembangan Peserta Didik dalam Perspektif Islam
Pendidikan karakter, bimbingan dan konseling Islami, psikologi pendidikan Islam, serta pembinaan spiritual dan moral. -
Studi Kelembagaan Pendidikan Islam
Madrasah, pesantren, sekolah Islam, perguruan tinggi Islam, serta lembaga pendidikan nonformal berbasis Islam. -
Teknologi dan Media Pendidikan Islam
Digitalisasi dalam pembelajaran, media pembelajaran Islami, dan integrasi teknologi dalam konteks pendidikan Islam. -
Pemikiran Tokoh Pendidikan Islam
Analisis pemikiran tokoh klasik, modern, maupun kontemporer yang memberi pengaruh pada pendidikan Islam. -
Isu dan Tantangan Kontemporer Pendidikan Islam
Moderasi beragama, multikulturalisme, inklusivitas, serta fenomena sosial-keagamaan yang berdampak pada pendidikan Islam. -
Studi Interdisipliner dalam Pendidikan Islam
Hubungan antara pendidikan Islam dan bidang lain seperti sosiologi, antropologi, ekonomi, politik, dan teknologi.








